Blogger Andalkan Blog untuk Cari Informas

Blogger Andalkan Blog untuk Cari Informasi
Topik yang paling banyak dicari di internet umumnya yang berkaitan dengan teknologi (43%).
Kamis, 21 Mei 2009, 17:05 WIB
Muhammad Firman

VIVAnews - IndoPacific Edelman, perusahaan konsultan komunikasi di Indonesia bersama Blogfam, komunitas blogger Indonesia memaparkan temuan dari “Survei Blogger Indonesia 2009”. Survei merupakan studi komprehensif pertama yang pernah dilakukan di Indonesia untuk menggali lebih dalam profil penggiat blog tanah air termasuk aktifitas blogging mereka yang kini diperkirakan mencapai 1 juta jumlahnya.

“IndoPacific Edelman serius menggarap ranah digital sebagai salah satu media komunikasi yang sangat berkembang di Indonesia,” kata Nanda Ivens, Digital Director IndoPacific Edelman seperti VIVAnews kutip dari keterangan pers, 21 Mei 2009. “Banyak klien kami yang mulai menjangkau para pemangku kepentingan mereka yang ada di ranah digital tidak hanya melalui situs-situs resmi mereka tapi juga melalui situs jejaring sosial, blog, maupun microblog. Pemahaman yang baik akan profil penggiat blog di Indonesia akan berpengaruh kepada keberhasilan strategi komunikasi digital yang dilakukan,” ucapnya.

Survei yang dilaksanakan dari akhir 2008 hingga awal 2009 ini diikuti lebih dari 200 blogger asal Jakarta (45%) dan kota lain di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Di antara responden, sebanyak 61% sudah melakukan aktifitas blogging selama 1-2 tahun. Selain itu, para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif jejaring sosial. Rata-rata mereka memiliki lebih dari 3 akun di berbagai situs jejaring sosial. Adapun situs jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Friendster (85%), Facebook (76%), dan Multiply (60%).

Umumnya, alasan mereka aktif bloggin adalah untuk berbagi pengalaman (65%), mengutarakan pendapat (54%), menyalurkan hobi menulis (53%) hingga mendapat pemasukan dari iklan di blog mereka (8%). Jumlah waktu yang dihabiskan oleh blogger untuk melakukan aktifitas blogging yaitu 1 hingga 5 jam per minggu (55%).

Ketika mereka mencari informasi lewat blog, topik yang umumnya mereka cari berkaitan dengan teknologi (43%), sosial/humaniora (37%), perjalanan (34%), hiburan (31%) dan yang justru paling jarang adalah masalah pribadi (7%). Blogger laki-laki cenderung tertarik pada topik teknologi (57%) dan sosial (41%) sedangkan blogger perempuan lebih meminati topik perjalanan/traveling (46%) dan kuliner (34%).

Walaupun blogger masih mengandalkan media umum seperti koran (77%) dan TV (57%) sebagai sumber informasi utama, namun new media seperti portal berita (60%), blog (49%), dan bahkan forum komunitas di internet (32%) serta situs korporat (31%) memperoleh porsi yang signifikan sebagai sumber informasi terpercaya bagi para blogger. Hal ini menunjukkan kepercayaan para blogger yang cukup tinggi terhadap sesama blogger.

• VIVAnew
Kepada Yth :

Bapak /Ibu .Ditempat




Bersama ini kami Percetakan SINBUANA mengajukan penawaran sebagai rekanan dibidang percetakan :


Produk-produk kami terdiri dari :

BROSUR, FLAYER
KATALOG
POSTER
KEMASAN KARTON
STIKER
PAPER BAG
HANGER
PACKAGING
LABEL
MAP
KALENDER, AGENDA,DLL untuk kebutuhan bisnis anda.
Atas Perhatiannya serta kerjasamanya kami ucapkan Terima Kasih,

Hormat kami,
Percetakan SINBUANA
Tan Yopie
HP : 0818 74 67 67
Telp : 021 37400099
Website : http://www.percetakansinbuana.com
Email : sinbuana@yahoo.co.id

JL. Daan Mogot KM 19